Belajar memperbaiki diri

Cermin Adalah pembaharuan melalui proses pengukuran diri untuk perbaikan. pengukuran baik serta buruknya diri kita seperti kala kita bercermin reflection / bayangan adalah tingkat ukur pribadi yang kita miliki. namun tidak semua cermin itu sama kwalitasnya sehinggak menghasilkan bayangan yang berbeda-beda
  • bercermin pada kaca yang kusam maka tampaklah bayangan kita menjadi lusuh dan kusam
  • bercermin pada kaca yang kecil mala tampaklah bayangan kita kecil tak nampak keseluruhan diri kita
  • bersermin padda kaca yang besar serta bersih maka tampaklah bayangan baik seta buruk diri kita  
cermin kita adalah orang-orang disekitar kita ..keluarga,sahabat,tetangga..dan mungkin orang'' yang tidak kita kenali. seburuk dan sekecil apapun cermin itu tetap akan menampakkan bayangan. hanya saja untuk menuju perbaikan itu alangkah baiknya bila kita pilih cermin yang lebih besar dan lebih bersih, sehingga dapat kita ukur baik buruknya kita dengan jelas untuk menuju MUHASABAH DIRI.
  1. cermin pertama yaitu Rasulullah salallahu alayhiwasalam sosok guru dari segala guru yang sudah kita kenal sejak dini.
  2. adalah orang tua yang mengasuh kita mandidik kita ,,mereka adalah cermin kita
  3. adalah kerabat yang selalu berada dalam lingkungan kita   
  4. adalah sahabat yang menjadi teman di keseharian kita
sebaik-baiknya cermin adalah Rasulullah salallahu alayhiwasalam..
namun cermin yang lebih sering mendampingi kita adalah SAHABAT maka pilihlah sahabat yang dapat menjadi cermin untuk MUHASABAH DIRI  perbaikan dan pembaharuan nilai'' pada diri kita pribadi .